Selasa, 24 April 2012

GERAK PADA TUMBUHAN

 

Gerak pada tumbuhan terjadi karena :

·         Adanya iritabilita tumbuhan yaitu kemampuan tumbuhan untuk menanggapi impuls.

·         Adanya impuls yang dating dari luar dan dalam tumbuhan yang masuk melalui desmodesmata.

·         Terjadi pada bagian organ tumbuhan atau seluruh tubuh tumbuhan.

Menurut penyebabnya dapat dibedakan menjadi :

1.      HIGROSKOPIS/HIGROSKOPIK yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya pengaruh kelembaban atau perubahan kadar air. Ex : Membuka dan menutupnya sporangium pada Bryophyta dan Pterydophyta; Pecahnya buah polong-polongan.

2.      AUTONOM/ENDONOM yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh proses dalam tubuh tumbuhan  sehingga dapat terjadi dengan sendirinya. Ex : gerak spiral pada  batang tanaman kacang, sulur pada tanaman anggur dan letak kedudukan daun pada batang kelapa.

3.      ESIONOM/ETIONOM yaitu gerak pada tumbuhan yang diakibatkan oleh adanya impuls dari luar tubuh tumbuhan.

Macam  gerak Esionom :

1.      TROPISME/TROPIS yaitu gerak bagian tumbuhan yang sesuai dengan dengann arah datangnya implus. Dapatbersifat negative dan positif. 

Ex :

·         Fototropisme dengan impuls berupa cahaya. Fototropisme negative terjadi pada akar dan fototropisme positif terjadi pada batang. 

·         Hidrotropisme dengan impuls berupa air. Terjadi  pada gerak akar tumbuhan air.

·         Tigmotropisme/Haptotropisme dengan impuls berupa sentuhan. Terjadi pada sulur labu dan anggur.

·         Geotropisme dengan impuls berupa gaya gravitasi. Terjadi pada akar. Dapat bersifat negative dan positif.

·         Kemotropisme dengan impuls berupa zat kimia. Terjadi pada buluh serbuk sari menuju bakal buah pada proses fertilisasi.

·         Reotroopisme dengan impuls berupa arus air. Terjadi pada tumbuha yang tinggal di tepi aliran sungai.

 

2.      NASTI yaitu gerak bagian tumbuhan atau seluruh tubuh tumbuhan yang  merupakan akibat respon dari impuls yang ada. Reaksi yang diperlihatkan tiddak tergantungdari arah datangnya impuls.

Ex :

·         Seismonasti dengan impuls berupa sentuhan. Terjadi pada Mimmosa pudica, yang daunnya kan mengatup apabila disentuh  dan daun Venus akanmengatup apabila  ada insecta yang masuk menyentuh daunnya.

·         Niktinasti dengan perubahan gelap dan terang yang impulsnya  meliputi cahaya dan suhu.  Terjadi pada daun Belimbing, Lamtoro, Petai Cina yang sel-sel pulvinus akan kekurangan air sehingga  daun menutup atau kelihatan kayu pada sore hari. Dikenal denga gerakan tidur pada daun.

·         Nasti komlpeks dengan impuls yang lebih dari satu yaitu meliputi cahaya, suhu, air, zat kimia. Terjadi pada menutup daan membukanya stomata pada daun.

·         Fotonasti dengan impuls berupa cahaya. Terjadi pada mekarnya bunga Mirabilis jalapa pada pukul empat sore.

·         Thermonasti dengan impuls berupa suhu. Terjadi pada bunga Tulip yang mekar pada musim tertentu  pada saat cahaya dan suhu tertentu.

 

3.      TAKSIS yaitu gerak seluruh tubuh tumbuhan yang berpindah tempat pada tumbuhan tingkat rendah atau berpindahnya kedudukan bagian organ/seluruh tubuh tumbuahan. Dapat bersifat negative dan positif.

Ex :

·         Kemotaksis  dengan impuls berupa zat kimia. Terjadi pada gerak spermatozoid pada tumbuhan Bryophyta dan Pterydophyta. 

·         Fototaksis dengan impuls berupa cahaya. Terjadi pada gerak Euglena sp, Chlamydomonas sp  yang bergerak mencari cahaya untuk fotosintesis Serta gerak organel kloroplas yang mencari cahaya.

·         Thermotaksis dengan impuls berupa suhu. Terjadi pada golongan Algae yang bergerak ke daerah yang memiliki suhu yang lebih tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar