Kamis, 19 April 2012

Avicenia marina (Api-api)

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Lamiales

Family : Acanthaceae

Genus : Avicenia

Species : Avicenia marina

Deskripsi Pohon

Habitus

clip_image002[3]

Pohon kecil atau besar, tinggi hingga 3m, dan tajuk agag renggang.

Akar

clip_image004[3]

Akar: Akar nafas (pneumatophores) yang muncul 10-30 cm dari substrat berupa paku yang panjang dan rapat, muncul ke atas lumpur di sekekeliling batangnya.

Batang

clip_image006[3]

Batang: Pohon mempunyai cabag-cabang horizontal yang menunjukkan pertumbuhan yang teus menerus. Pepangan (kulit batang) halus keputihan sampai dengan abu-abu kecoklatan dan retak-retak. Ranting dengan buku-buku bekas daun yang menonjol berupa sendi-sendi tulang dengan permukaan licin hingga peca-pecah vertical, biasanya seperti serpihan, diameter batang bisa mencapai mencapai 40 cm lebih.

Daun

clip_image008[3]

Daun: daun-daun tunggal, bertangkai, berhadapan, bertepi rata, berujung runcing atau membulat, helai daun seperti kulit, daun menghijau di atas, abu-abu atau keputihan di sisi bawahnya, sering dengan Kristal garam yang tersa asin (ini adalah kelebihan garam yang dibuang oleh tumbuhan tersebut), pertulangan daun umumnya tidak jelas terlihat, kuncup daun terletak pada lekuk pasangan tangkai daun teratas. Bentuk daun elliptical-lanceolata atau ovate-elliptica pj=7 cm, l=4cm

Bunga

clip_image010[3]

Perbungaan dalam karangan bertangkai panjang bentuk paung, malai atau bulir, terletak di ujung tangkai atau di ketiak daun dekat ujung. Bunga-bunga duduk (sessile), membulat ketika kuncup, berukuran kecil antara 0,3 – 1,3 cm, berkelamin dua, kelopak 5 helai, mahkota kebanyakan 4 (jarang 5 atau 6) helai, kebanyakan kunining atau jingga kekuningan dengan bau samar-samar, benang sari kebanyakan 4, terletak berseling dengan mahkota bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar